Senin, 29 Juni 2015

PENELITIAN "Abiza Gemstone"



TUGAS KELOMPOK

 KEWIRAUSAHAAN

“ABIZA GEMSTONE”








OLEH:
KELOMPOK IV
FARMASI B

Boby Alfiyan Ilham Kesuma
Fitahmillah AL Ahmad
Nurjayanti Samad
Suhaemi Hasnidar
Sonia Purnama Arsan
Muhammad Abdullabib F
Nurhidayah Wahid


JURUSAN FARMASI
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
2015




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia yang diberikan-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kelompok Kewirausahaan.
Dan tak lupa pula ucapan terima kasih kami haturkan kepada dosen mata kuliah Kewirausahaan yang telah memberi bimbingan dan arahan kepada kami agar makalah ini dapat kami selesaikan. Dan ucapan terima kasih pula kami haturkan kepada Abiza Gemstone dan teman-teman yang telah membantu kami dalam menyelesaikan penyusunan makalah ini.
Makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar lebih memahami mengenai kewirausahaan dengan terjun langsung ke lapangan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca dan juga bagi kami sebagai penyusun.
Kami sebagai penyusun menyadari masih banyaknya kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca terhadap makalah ini untuk agar lebih baik kedepannya.

                                                                                               
                                                                                                                                                            Makassar, 22 Juni 2015



                                                                                                    Kelompok IV








DAFTAR ISI

Kata Pengantar                                                                                                    i
Daftar Isi                                                                                                               ii
Bab I           Pendahuluan
                    Latar Belakang                                                                                   1
                    Rumusan Masalah                                                                              1
                    Tujuan                                                                                                 2
                    Manfaat                                                                                              2
Bab II        Tinjauan Pustaka                                                                              3-6
Bab III       Pembahasan
                   Sejarah                                                                                                 7
Management Modal                                                                             8                         
Management Layout
Management Sumber Daya Manusia                                                    8
Management Produksi                                                                          8
Management Pemasaran                                                                       9
Management Resiko                                                                             9
Bab III       Penutup
                   Kesimpulan                                                                                          10
                   Saran                                                                                                    10
LAMPIRAN                                                                                                         11
                                                                                                                                   



BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Wirausaha secara historis sudah dikenal sejak diperkenalkan oleh Richard Castillon pada tahun 1755. Beberapa istilah wirausaha seperti di Belanda dikenadengan ondernemer, di Jerman dikenal dengan unternehmer. Pendidikan kewirausahaan mulai dirintis sejak 1950-an di beberapa negara seperti Eropa, Amerika, dan Kanada. Bahkan sejak 1970-an banyak universitas yang mengajarkan kewirausahaan atau manajemen usaha kecil. Pada tahun 1980-an, hampir 500 sekolah di Amerika Serikat memberikan pendidikan kewirausahaan. Di Indonesia, kewirausahaan dipelajari baru terbatas pada beberapa sekolah atau perguruan tinggi tertentu saja. Sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti adanya krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat kewirausahaan menjadi berkembang.
Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul. Maka pemberdayaan adalah upaya untuk membangun daya, dengan cara mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki serta berupaya untuk  mengembangkannya dengan dilandasi proses kemandirian.
Pada makalah ini dijelaskan berbagai proses dalam membangun usaha dari Abiza Gemstone dari awal hingga seperti saat ini.


2.      Rumusan Masalah
a.       Bagaimana sejarah berdirinya abiza gemstone?
b.      Bagaimana management modal dari abiza gemstone ?
c.       Bagaimana management layout dari abiza gemstone?
d.      Bagaimana management SDM abiza gemstone?
e.  Bagaimana management produksi dari abiza gemstone?
f.  Bagaimana strategi pemasaran dari abiza gemstone?
g.      Bagaimana management resiko dari abiza gemstone?
3.      Tujuan
a.       Untuk mengetahui sejarah berdirinya abiza gemstone
b.      Untuk mengetahui management modal dari abiza gemstone
c.       Untuk mengetahui management layout dari abiza gemstone
d.      Untuk mengetahui SDM abiza gemstone
e.  Untuk mengetahui produksi dari abiza gemstone
f.  Untuk Mengetahui strategi pemasaran dari abiza gemstone
g.      Untuk mengetahui resiko dari abiza gemstone

4.      Manfaat
a.  Memahami sejarah berdirinya abiza gemstone
b. Memahami  management modal dari abiza gemstone
c.  Memahami management layout dari abiza gemstone
d. Memahami SDM abiza gemstone
e.  Memahami produksi dari abiza gemstone
f.  Memahami strategi pemasaran dari abiza gemstone
g. Memahami resiko dari abiza gemstone




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

1. Inti dan Hakikat Kewirausahaan
Kewirausahaan (Suryana: 2003) adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui berfikir kreatif dan inovatif. Suryana (2003) mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda melalui :
1. Pengembangan teknologi baru
2. Penemuan pengetahuan ilmiah baru
3. Perbaikan produk barang dan jasa yang ada
4. Penemuan cara-cara baru untuk menghasilkan barang lebih banyak
dengan sumber daya lebih efisien Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang. Jadi kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda, sedangkan inovasi merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda.

2. Jiwa dan Sikap Kewirausahaan
Meredith et al.. (2002), mengemukakan nilai hakiki penting dari wirausaha
adalah:

1. Percaya diri (self confidence)
Merupakan paduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan, yang bersifat internal, sangat relatif dan dinamis dan banyak ditentukan oleh kemampuannya untuk memulai, melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan. Kepercayaan diri akan mempengaruhi gagasan, karsa, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja, kegairahan berkarya. Kunci keberhasilan dalam bisnis adaalh untuk memahami diri sendiri. Oleh karena itu wirausaha yang sukses adalahwirausaha yang mandiri dan percaya diri.

2. Berorientasi tugas dan hasil
Seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil, adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan dan kerja keras. Dalam kewirausahaan peluang hanya diperoleh apabila ada inisiatif. Perilaku inisiatif biasanya diperoleh melalui pelatihan dan pengalaman bertahun-tahun dan pengembangannya diperoleh dengan cara disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, bergairah dan semangat berprestasi.
3. Keberanian mengambil risiko
Wirausaha adalah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan atau kegagalan daripada usaha yang kurang menantang. Wirausaha menghindari situasi risiko yang rendah karena tidak ada tantangan dan menjauhi situasi risiko yang tinggi karena ingin berhasil. Pada situasi ini ada dua alternatif yang harus dipilih yaitu alternatif yang mengangung risiko dan alternatif yang konservatif . Pilihan terhadap risiko tergantung pada :
a.       Daya tarik setiap alternatif
b.      Kesediaan untuk rugi
c.       Kemungkinan relatif untuk sukses atau gagal
Selanjutnya kemampuan untuk mengambil risiko tergantung dari :
a.       Keyakinan pada diri sendiri
b.      Kesediaan untuk menggunakan kemampuan dalam mencari peluang dan kemungkinan untuk memperoleh keuntungan
c.       Kemampuan untuk menilai situasi risiko secara realities


4. Kempemimpinan
Seorang wirausaha harus memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan, keteladanan. Ia selalu menampilkan produk dan jasa-jasa baru dan berbeda sehingga ia menjadi pelopor baik dalam proses produksi maupun pemasaran. Dan selalu memanfaatkan perbedaan sebagai suatu yang menambah nilai.
5.      Berorientasi ke masa depan
Wirausaha harus memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan, kuncinya  dengan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang ada sekarang.

2. Keorisinilan : Kreativitas dan Inovasi
Wirausaha yang inovatif adalah orang yang memiliki ciri-ciri :
  1. Tidak pernah puas dengan cara-cara yang dilakukan saat ini, meskipun cara tersebut cukup baik
  2.  Selalu menuangkan imajinasi dalaam pekerjaannya
  3. Selalu ingin tampil berbeda atau selalu memanfaatkan perbedaan Kewirausahaan adalah berfikir dan bertindak sesuatu yang baru atau berpikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.
Menurut Everett E. Hagen ciri-ciri innovational personality sebagai berikut :
a.       terbuka terhadap pengalaman
b.      memiliki kemampuan untuk bekerja dengan penuh imajinasi
c.       memiliki keyakinan atas penilaian dirinya dan teguh pendirian
d.      selalu memiliki kepuasan dalam menghadapi dan memecahkan persoalan
e.       Has a duty or responsibility to achieve, memiliki tugas dan rasa tanggung jawab untuk berprestasi
f.       memiliki kecerdasan dan energik
Sedangkan menurut Alma (2003), jalan menuju wirausaha sukses adalah :
·         mau kerja keras
·         bekerjasama
·         penampilan yang baik
·         yakin
·         pandai membuat keputusan
·         mau menambah ilmu pengetahuan
·         ambisi untuk maju
·         pandai berkomunikasi
Proses kreatif dan inovatif (Suryana: 2003) hanya dilakukan oleh orangorang yang memiliki jiwa dan sikap kewirausahaan yaitu :
a.       Percaya diri (yakin, optimis dan penuh komitmen)
b.      Berinisiatif (energik dan percaya diri)
c.       Memiliki motif berprestasi (berorientasi hasil dan berwawasan ke depan)
d.      Memiliki jiwa kepemimpinan (berani tampil berbeda dan berani mengambil resiko dengan penuh perhitungan) dan Suka tantangan.
Faktor pribadi yang mempengaruhi kewirausahaan : motif berprestasi, komitmen, nilai-nilai pribadi, pendidikan dan pengalaman. Sedangkan dari faktor lingkungan adalah peluang, model peran dan aktivitas.
3. Kompetensi Kewirausahaan
Wirausaha yang sukses pada umumnya adalah mereka yang memiliki kompetensi yaitu : seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan dan kualitas individu yang meliputi sikap, motivasi, nilai serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan/kegiatan.
Keterampilan yang harus dimiliki Suryana (2003) :
a.       Managerial skill
b.      Conceptual skill
c.       Human skill (keterampilan memahami, mengerti, berkomunikasi dan berelasi)
d.      Decision making skill (keterampilan merumuskan masalah dan mengambil keputusan)
e.       Time managerial skill ( keterampilan mengatur dan menggunakan waktu) Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan individu yang langsung berpengaruh pada kinerja, Kinerja bagi wirausaha merupakan tujuan yang ingin dicapai.


BAB III
PEMBAHASAN
A.    Sejarah
Pada kesempatan ini kami melakukan penelitian terhadap suatu wirausaha yang bernama Abiza Gemstone. Yang beralamatkan di Jl. Bulusaraung No. 77 Makassar.
Abiza Gemstone merupakan usaha yang dirintis oleh tiga orang, yaitu mas Ali, mas Baidi dan mas Zainul.
Awalnya usaha ini merupakan usaha kecil-kecilan, di mana Mas Baidi berkeliling dari pasar yang satu ke pasar yang lain untuk menjual batu permata. Hal tersebut dikarenakan tidak mendapatkan tempat yang tetap di pasar. Adapun pasar yang pernah ditempati adalah pasar sentral, pasar di Takalar, pasar rappokalling, dan pasar-pasar lainnya. Pendiri usaha merupakan pendatang dari Madura yang waktu itu masih berusia terlalu muda. Setelah lulus SMP, Mas Baidi bersama 2 orang temannya datang ke Makassar untuk mengadu nasib. Selama beberapa tahun, usaha tersebut berjalan seperti biasa, yaitu menjual batu permata sambil berkeliling dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Hal itu terjadi sejak tahun 1998 hingga tahun 2014 dan mengumpulkan modal sebanyak 100 juta (ada beberapa juta yang dipinjam). Pada akhir tahun 2014 Mas Baidi beserta 2 temannya (Mas Ali dan Mas Zainul) menyewa sebuah tempat yang kini dijadikan tempat pemasaran sekaligus tempat prosduksi batu permata. Toko tersebut bernama “ABIZA GEMSTONE”. Abiza diambil dari nama 3 orang pendiri usaha ini, yaitu Ali, Baidi, dan Zainul.
Alasan memilih usaha gemstone
Alasan memilih usaha ini, karena 70 % merupakan pengrajin. Selain itu, menurutnya batu permata adalah tingkatan harta utama dibandingkan benda yang lain. Karena batu permata memiliki nilai yang lebih tinggi. Tidak hanya dari harga atau nominal rupiahnya, tetapi juga dari filosofinya. Menurutnya, batu permata tak sekedar batu. Namun juga memiliki nilai seni yang tinggi. Selain itu, pada zaman dahulu yang menggunakan batu permata menunjukkan strata social seseorang.
B.     Management Modal
Dalam membangun suatu usaha tentunya memerlukan modal, dan pada Abiza Gemstone ini modal awalnya, yaitu bermodal kemauan, cita-cita dan harapan. Karena menurutnya modal utama bukan hanya uang, tetapi tekad dalam diri. Modal awal yang dimulai pada tahun 1998 berasal dari keluarga berupa barang-barang untuk usaha ini. Hasil dari barang-barang tersebut yang terus dikembangkan dan dikumpulkan untuk membangun toko saat ini, yaitu sebesar 100 juta.
C.    Management Layout
Toko abiza gemstone terletak di tempat yang strategis, yaitu dekat dari pusat perbelanjaan yang bertempat di Jl. Bulusaraung No. 77 Makassar. Selain itu, tempatnya juga berada di jalan utama kota sehingga banyak orang yang melewati jalan tersebut.
D.    Management Sumber Daya Manusia
Usaha ini tidak memiliki karyawan seperti usaha-usaha lainnya. Pekerja hanya berasal dari kalangan keluarga yang bekerja secara sukarela. Terdiri dari empat orang, dua laki-laki dan dua perempuan.
adapun omset perharinya, yaitu ± Rp. 1.500.000,00. Jadi perbulannya ± Rp. 45.000.000,00.
Toko ini telah menjadi pemasok batu permata untuk pedagang-pedagang batu yang lain.
E.     Management Produksi
Dalam menjaga suatu usaha maka diperlukan management produksi yang baik. Yang perlu di perhatikan dalam hal ini yaitu:
1.      Kualitas
Kualitas merupakan suatu pertimbangan utama dalam hal produksi. Pada intinya menjaga kualitas tetap diatas untuk memuaskan konsumen.


2.      Update
Produk yang dihasilkan selalu update. Jika da barang yang lama, maka akan dibuat dalam bentuk seperti baru kembali.
3.      Sumber barang/bahan
Barang yang jadi kebanyakan berasal dari Jakarta, dan bahan mentah (bongkahan batu) beberapa berasal daerah lokal.
F.     Management Pemasaran
Mengadakan promosi menggunakan spanduk dan brosur, serta melalui mulut ke mulut. Selain pemasaran yang diadakan di toko pusat, abiza juga melakukan pemasaran yang berpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain.
G.   Management Resiko
Awal menjalankan usaha ini begitu banyak resiko yang dihadapi, seperti kurangnya konsumen karena pada saat itu penggemar batu permata masih kurang. Tempat yang tidak tetap sehingga harus berpindah-pindah. Namun sekarang, hal tersebut dapat diatasi dengan meningkatkan kualitas produk serta pemberian pelayanan yang lebih baik dan bertambahnya banyaknya penggemar batu permata.
Diakui pemilik, bahwa usaha ini sangat tergantung dari permintaan  pasar.






BAB IV
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Untuk memulai suatu wirausaha dibutuhkan kemampuan untuk melihat peluang yang ada dan memanfaatkan peluang tersebut, bergerak dengan penuh keberanian terhadap segala resiko yang ada dan dilakukan atas dasar keikhlasan (bukan paksaan orang lain) serta mampu memanagement dengan baik hal-hal yang berkenaan dengan usaha tersebut.

B.  SARAN
Dari pembahasan mengenai kewirausaahaan dari abiza gemstone yang telah dibahas dalam makalah ini semoga isi makalah ini dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan serta dalam islam yang telah mewajibkan kepada ummatnya untuk berusaha, maka bangkitkanlah jiwa-jiwa kewirausahaan tersebutdengan niat ibadah di jalan Allah SWT.


DAFTAR PUSTAKA

Buchari Alma. 2003. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Longenecker, Justin G., et al. 2000. Kewirausahaan: Manajemen Usaha Kecil.
Jakarta : Salemba Empat
Meredith, Geoffrey G. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Jakarta : PPM
Moh. Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Suryana. 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju



LAMPIRAN








DAFTAR PERTANYAAN
1.      Bussines Plan
a.       Apa jenis usaha yang anda rintis saat ini
b.      Apa motivasi anda untuk berwira usaha?
c.       Apa alasan dalam memilih usaha ini?
d.      Apakah tujuan anda membangun usaha ini?
e.       Umur berapa anda mulai merintis usaha ini?
f.       Tahun berapa usaha ini didirikan?
2.      Sumber Modal
a.       Dari mana sumber modal usaha anda?
b.      Berapa modal dalam merintis usaha ini?
3.      Management Sumber Daya Manusia
a.       Apakah anda memiliki karyawan dalam usaha ini?
b.      Berapa jumlah karyawan anda?
c.       Bagaimana cara anda merekrut karyawan anda?
d.      Bagaimana cara anda menjaga kualitas karyawan anda?
e.       Berapa anggaran khusus untuk menggaji karyawan?
4.      Management Layout
a.       Alasan anda memilih tempat usaha tersebut?
b.      Ada berapa ruangan yang anda gunakan dalam usaha ini?
5.      Management Produksi
a.       Bagaimana cara anda dalam mempertahankan kualitas prosuk anda?
6.      Management Pemasaran
a.       Bagaimana cara anda untuk menarik konsumen (apakah dari promosi atau yang lain)?
b.      Bagaimana respon pasar terhadap usaha anda?
7.      Management Resiko
a.       Selama mendirikan usaha, kegagalan dan resiko yang pernah anda alami, serta bagaimana menyelesaikannya?
b.      Bagaimana strategi anda menghadapi persaingan terhadap usaha yang sejenis?



SURAT KETERANGAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Sehubungan dengan adanya tugas penelitian terhadap suatu wirausaha pada mata kuliah Kewirausahaan Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar, maka  saya selaku pemilik wirausaha menyatakan bahwa mahasiswa atas nama:
1. Boby Alfiyan Ilham Kesuma

2. Fitahmillah AL Ahmad

3. Nurjayanti Samad

4. Suhaemi Hasnidar

5. Sonia Purnama Arsan

6. Muhammad Abdullabib F

7. Nurhidayah Wahid

Benar telah melakukan penelitian terhadap wirausaha Abiza Gemstone

                                                                                    Makassar, 22 Juni 2015
                                                                                                TTD


                                                                                    ......................................




ANALISIS SWOT

1.      Kekuatan (STRENGTH)
·         Memiliki pelanggan
·         Tempat pemasaran strategis
·         Kualitas barang terjamin
·         Produk yang bervariasi
2.      Kelemahan (WEAKNESS)
·         SDM kurang  pada bagian produksi
·         Tergantung minat konsumen / permintaan pasar
·         Lahannya masih sewa
3.      Peluang (OPPORTUNITY)
·         Memiliki tempat sendiri
·         Membuka cabang
4.      Ancaman (THREAT)
·         Banyaknya pesaing
·         Produk tersebut memiliki masa trend




SARAN DAN TANGGAPAN
1.      Sebisa mungkin memiliki tempat sendiri
2.      Dibuat semenarik mungkin untuk menarik pelanggan
3.      Bekerja sama dengan asosiasi permata untuk mendapatkan sertifikat keaslian sehingga mendatangkan konsumen golongan menengah sampai keatas
4.      Membuka website untuk online shop (menjual secara online)
5.      Membuatkan katalog dari harga terendah sampai tertinggi sehingga memudahkan konsumen untuk memilih tanpa banyak yang harus dijelaskan dan katalog tersebut dapat digunakan untuk menjalin kerja sama dengan distributor dengan pembagian keuntungan.
6.      Memproduksi perhiasan 1 set khususnya untuk konsumen wanita
7.      Mengembangkan produksi agar lebih bervariasi
8.      Mengikuti pameran batu permata untuk meningkatkan kualitas batu
9.      Menambah SDM khususnya dibidang produksi agar lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas produknya.
10.  Membuat kemasan berlabel toko sebagai salah satu bentuk promosi
11.  Memperhatikan keselamatan pekerja dengan menambah kelengkapan keselamatan kerja misalnya ; kaos tangan
12.  Mengembangkan produksi cincin couple/cincin untuk pernikahan
13.  Membuat stand banner
14.  Membuat pengikat khusus yang merupakan ciri khas dari tokonya
15.  Membuka layanan pesan antar cincin
16.  Mengadakan festival batu permata (lomba desain perhiasan dan mengadakan lelang perhiasan dalam hal ini bekerja sama dengan pihak asosiasi pengrajin batu permata)
17.  Membuat info grafik menjelaskan informasi yang terkait dengan produk baku yang anda jual. Misalnya; sejarah dan manfaat batu cincin.


Tanggapan:






































Makassar, 22 Juni 2015
                                                                                                TTD



                                                                                    ......................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar